Sabtu, 19 April 2014

Tone Control Parametric


Yosh.... sobat yang suka otak atik power ampli, saya mau berbagi skema tone control yang sudah sangat terkenal dikalangan sound enginer, yaitu tone control parametric. Siapasih yang tak tahu tone control parametric?? tentunya sobat sobat dah pada tau kan ya??? Hehe..... tone control parametric adalah tone control yang
memiliki prinsip kerja yaitu menyaring frekwensi suara menjadi 3 bagian. Frekwensi suara tersebut antara lain :Bass, Middle, dan Treble.

parametric tone control
Tone Control Parametric

parametric tone control
Tone Control Parametric


Namun perlu diketahui sobat, tone control parametric memiliki tambahan fungsi, yaitu Bass Boost atau Super Bass yang berfugsi menambah dan menguatkan nada Sub, dan Middle Boost atau Super Middle yang berfungsi menambah nada Mid High. Apakah  sobat penasaran dengan suaranya??? yup langsung saja silahkan di sedot. Hehe...




Walaupun sama sama tone control parametric, tapi kedua skema diatas memiliki sedikit perbedaan. Silahkan dipilih yang sesuai dengan keinginan. Dan semoga skema diatas bisa membantu sobat yang ingin mencoba tone control parametric. Selamat bereksperimen dan terima kasih.

http://mlbboards.com

37 komentar:

  1. Sy punya tone control parametrik tp begitu vol. Subwofer digefeiin suara dengung muncul gede bnget..solusi gmn

    BalasHapus
  2. Sedekar saran tambah kita simetrical dipasang pada tone cotrol..Itu bisa meredam desis suara dengung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pengen tahu .... apa itu simetrical .....

      Hapus
    2. Punya saya suaranya beda sbelah, kaya gak balance gitu, tp bgitu vol nya saya naikin nada treble sama midle balance, yg gak balance cuma nada bass nya kok kencang sbelah

      Hapus
  3. mau tanya mas... saya punya tape dek, kenapa ad empat kabel masuk ke jalur tegangan tune kontrol? biasanya cuman tiga.. mohon penjelasannya

    BalasHapus
  4. saya jg punya gan tp sya bingung knp cuma hidup sebelah.. alias knan aj yg hidup kiriny gk hidup.. gmn gan solusinya??
    klo bs hub 083853242372..
    berbgi ilmu it indah

    BalasHapus
    Balasan
    1. minta tolong bagi dong skema tone control parametric gm2415

      Hapus
  5. Balasan
    1. maksudnya itu harus taruh kertas di bawah PCB bang? biar gak dengung?

      Hapus
  6. Saya punya subwofer lagacy kalau amplinya pakai tone control parametrik knapa bassnya malah jadi sember ya mas..

    BalasHapus
  7. Mana skemanya mz?? Di atas cuma ada foto parametik doang y?

    BalasHapus
  8. Kit seperti di atas
    Jika pot level saya naikkan
    Jam 11,nois kenceng (bukan dengung)
    Gomana ya?

    BalasHapus
  9. Persis seperti punya ku...punyaku jenis c40

    BalasHapus
  10. Knpa parametrik jd biang dengung.ada solusi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ground input di gabung sama Ct Travo Mas...,punya saya ,saya gituin,,, malah saya tambahin Kit Subwoofer,,,dengung hilang

      Hapus
  11. Knpa parametrik jd biang dengung.ada solusi

    BalasHapus
  12. Sound saya enak bgt pakai parametrik bgr . bas jd nendang

    BalasHapus
  13. Punya Saya suaranya ga bunyi sebelah,udah ta ganti ic- tetap sama & suaranya ada ndesisnya

    BalasHapus
  14. Punyaku machintos kl level naik arah jam 9 aja udah kenceng dengungnya.... Apa penyebabnya dari psu'y kah????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tambah elko psu nya gan,pasang ground ke bodi dengan kabel serabut yg besar..

      Hapus
  15. Punyaku power amplifier tapi suaranya noise,mohon solusinya

    BalasHapus
  16. kok g bisa di download? tlg kasi link download yg baru dong.trims

    BalasHapus
  17. Sy gunakan parametrik jg. Input power amplifier sy kasi R 10KOhm, ground power suplay tone sama power amplifier jgn disambung. Suara dengung hilang, sunyi senyap

    BalasHapus
  18. yg udah dunlut mohon d bagi ...sya donlod gk bs bos....ke wa saya 082338142417 terima kasih

    BalasHapus
  19. cara pasang trafo berapa volt di parametric preamp?

    BalasHapus
  20. Parametric preamp mati sebelah,mohon solusinya.

    BalasHapus
  21. Yg mau modif parametric bisa wa saya bro
    082260808397

    BalasHapus
  22. Mas saya punya parametrick 8 chanel klo dipasang mini ampli tda2822 berapa trafonya max ampere

    BalasHapus
  23. Untuk vokal bisa tercampur terutama pada middle tambahan. Jadi susah untuk yang suka karaoke....

    BalasHapus